Selamat Datang di Website Resmi Desa Babakan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal | Kantor Kepala Desa Babakan membuka Pelayanan Publik setiap hari, untuk hari Senin-Kamis pukul 09:00 - 16:00 WIB dan hari Jum'at pukul 09:00 - 11:00 WIB  

Pawai Obor dan Nobar di Desa Babakan Kobarkan Semangat Kepahlawanan

Humas | 14 November 2022 11:50:04 | 159 Kali

BABAKAN - Lebih dari 300 masyarakat berkumpul di Pertigaan Jalan Pengayoman, Desa Babakan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal untuk memeriahkan gelaran pawai obor dan nonton bareng (nobar) pada hari Sabtu (12/11/2022) malam.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini meliputi anak-anak usia TK, para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA, TPQ, ibu-ibu anggota PKK, dan bapak-bapak yang ada di Desa Babakan.

Pawai obor dan nonton bareng digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa UNNES GIAT 3 (KKN UNNES 2022) berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat Desa Babakan sebagai sarana membangkitkan semangat kepahlawanan. Tim UNNES GIAT 3 juga mengemas kegiatan ini menjadi kegiatan yang diperlombakan agar lebih meningkatkan semangat masyarakat.

Tampak hadir mewakili Kepala Desa Babakan sebagai tamu undangan pada acara tersebut Sekretaris Desa Babakan, Siti Fatikhah. Beliau mengisi sambutan sekaligus membuka serangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan di Desa Babakan. Dalam sambutannya, Siti Fatikhah mendukung pelaksanaan kegiatan pawai obor dan nonton bareng ini.

"Kegiatan pawai obor dan nonton bareng yang diadakan oleh mahasiswa KKN UNNES dalam rangka mengingat dan meneladani para pahlawan sangat bagus dan perlu adanya dukungan dari masyarakat dengan turut serta mensukseskan kegiatan ini," ungkap Siti Fatikhah.

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat mengobarkan semangat kepahlawanan bagi masyarakat.

"Saya harap semua masyarakat menjadikan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan semangat layaknya semangat pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," lanjutnya.

Sambutan dari Sekretaris Desa Babakan tersebut sekaligus membuka pelaksanaan pawai obor dan nonton bareng (nobar). Para peserta pawai mulai berjalan dari start mengelilingi kawasan Desa Babakan dengan penuh semangat diiringi lantunan shalawat, lagu, dan yel-yel hingga kembali ke finish di titik awal.

Peringatan Hari Pahlawan tidak berhenti sampai di sini. Tim UNNES GIAT 3 Desa Babakan menyuguhkan tayangan film ‘Sang Kyai’ pada layar proyektor yang diletakkan di halaman rumah pertigaan jalan. Sembari melepas lelah setelah mengelilingi desa, masyarakat sangat antusias menonton film hingga selesai.

Terpisah, menjelang selesainya acara, juri mengumumkan pemenang lomba Peringatan Hari Pahlawan. Pemenang lomba terdiri dari Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, 3.

Ketua RW 1 Desa Babakan, Rajum, menyampaikan bahwa acara ini telah berjalan dengan sukses.

“Menurut saya, acara Peringatan Hari Pahlawan yang telah dilaksanakan sudah sukses meskipun belum dihadiri oleh keseluruhan RT yang ada di Desa Babakan. Saya tetap sangat mengapresiasi karena memang kegiatan ini pertama kali diadakan di Desa Babakan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan agar kegiatan ini diteruskan lagi di tahun-tahun berikutnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dan ditingkatkan lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya oleh mahasiswa KKN, syukur-syukur dari UNNES lagi,” lanjutnya.

Ebit, Koordinator Mahasiswa Desa (Kormades) atau yang lebih dikenal ketua UNNES GIAT 3 Desa Babakan juga menyampaikan syukur atas kesuksesan acara yang telah digelar.

"Alhamdulillah kegiatan pawai obor dan nonton bareng dalam rangka memperingati hari pahlawan bisa berjalan dengan lancar, walaupun antusiasme dari masyarakat dalam acara tersebut belum 100%. Kemarin kebanyakan peserta itu cuma anak-anak yang menurut saya mengurangi makna dalam peringatan hari pahlawan, karena pahlawan kan identik dengan perjuangan, baik itu perjuangan kemerdekaan atau reformasi, nah itu kan dari remaja atau orang dewasa bukan anak-anak, jadi saya berharap agar selanjutnya apabila ada acara serupa masyarakat dapat ikut memeriahkan dan ikut serta dalam acara tersebut,” ujar Ebit.

Terakhir, Ebit mewakili Tim UNNES GIAT 3 mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut".

Penulis: Tim UNNES GIAT 3 berkolaborasi dengan Perangkat Desa Babakan

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Kategori

Agenda

Belum ada agenda

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl.Beringin Raya No. 1 Babakan RT.04 RW.04 Kec.Kramat
Desa : Babakan
Kecamatan : Kramat
Kabupaten : Tegal
Kodepos : 52181
Telepon : 02836146786
Email : babakangemilang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung